SMATV

Sistem Jaringan SMATV Rumah Kost

sistem jaringan smatv rumah kost

Sistem jaringan SMATV merupakan suatu kebutuhan bagi pengelola rumah kost. Untuk instalasi jaringan SMATV ini ada beberapa komponen yang dibutuhkan, mulai dari headend yang terdiri dari modulator, combiner, booster, tab, spliter, coupler, set top box, antena parabola, kabel coaxial rg 6 , serta beberapa komponen pendukung lainnya.

Untuk penjelasan SMATV dan komponen head end bisa melihat diartikel kami sebelumnya smatv untuk hotel,bapartemen, rumah kost dan lainnya.

Lantas bagai mana cara membangun sistem jaringan SMATV rumah kost dengan banyak kamar atau ruangan yang ingin tersambung dengan jaringan tv ?

Ada dua metode jaringan SMATV yang bisa diterapkan oleh kontraktor jaringan tv kabel. Yang pertama adalah sistem “ free and branch system “. Dengan cara ini sinyal transmisi sepanjang trunk cable melalui cabang-cabang dan sub cabang. Setiap kamar menggunakan decoder atau receiver yang fungsinya untuk memilih channel tv. Decoder ini diletakan antara jaringan kabel dan tv. Kelebihan system ini adalah channel yang di terima dari parabola adalah langsung dari satelit dengan channel lebih banyak sesuai jumlah satelit yang sudah diambil.

Cara yang kedua yaitu dengan sistem “ channel distribution “. Dengan cara ini signal didistribusikan melalui trunk cable dari headend ke sejumlah local senter. Disini dipasang router yang berfungsi untuk memperlancar lalu lintas transmisi jika suatu saat ada gangguan. Dari headend menuju local center menggunakan kabel coaxial, kemudian diteruskan ke district center yang langsung terhubung ke kamar-kamar. Keunggulan sistem kedua ini diantaranya memiliki performa yang lebih baik dan maintenance yang lebih efisien. Sistem ini juga dianggap adaptable juga fleksibel, artinya jika suatu saat ingin meng-upgrade dan menambah fitur maka tidak terlalu repot. Berbeda dengan system yang pertama bisa mendapatkan banyak channel di kamar-kamar, dalam sistem distribusi hanya bisa menerima channel sesuai channel yang di distribusikan dari head end unit, misal dari head end unit cuma 8 channel maka setiap kamar-kamar hanya akan bisa terima 8 channel saja.

Mana yang terbaik dari dua metode diatas, maka kembali lagi tergantung kebutuhan. Jika menggunakan banyak kamar maka lebih baik menggunakan sistem distribusi karena biaya yang dikeluarkan sebanding dengan jumlah kamar yang bisa terima siaran. Jika jumlah kamar sedikit maka sistem percabangan dengan receiver tiap kamar lebih baik dan lebih efisien.

Bagi Anda yang sedang mencari mitra kerjasama untuk instalasi jaringan tv kabel di hotel, apartemen, rumah sakit, villa, asrama, rumah kost, maupun area komersil lainya bisa menghubungi kami di nomor telpon 0813 1515 3394 untuk diskusi tentang jaringan SMATV yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *